• Selayang Pandang

  • Arsip

  • Juni 2011
    S S R K J S M
    « Mei   Feb »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    27282930  
  • Tertinggi

    • Tak ada

PAN: Kasus Pemilu 2009 Jangan Terulang Lagi, KPU Harus Independen


Selasa, 07 Juni 2011 17:52 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Ketua Fraksi PAN DPR, Sapto Tjatur Edy, mengingatkan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus independen. Oleh karena itu ia menolak jika anggota KPU diisi kader parpol.

Menurut Tjatur, biarkan KPU menjadi lembaga independen. Dengan begitu, KPU tak bisa diintervensi pihak manapun. “Anggota KPU harus diisi orang luar atau nonparpol,” katanya kepada Republika, Selasa (7/6).

Untuk mengantisipasi kasus pemilu 2009 tidak terulang, Tjatur, menyatakan, perlu dibuat Undang-Undang baru. UU itu nantinya mengatur setiap parpol bisa mengakses semua tahapan pemilu mulai awal hingga akhir.

Dengan begitu, sambung dia, pelaksanaan pemilu dapat berlangsung jujur, adil, dan transparan. ” Tak seperti pada pemilu 2009, dimana anggota KPU dinilai tak independen dan memihak salah satu parpol,” kata Sapto.

Jika pun dipaksakan anggota KPU berasal dari parpol, PAN bisa setuju dengan catatan. Kader tersebut beberapa tahun sebelum terlibat penyelenggaraan pemilu wajib tak aktif dari kepartaian. “ PAN mengusahakan semaksimal mungkin KPU tak diisi orang partai,” kata anggota Komisi III DPR itu.

Tjatur menilai usulan beberapa parpol mendorong KPU diisi kader parpol terkait pengalaman Andi Nurpati. Andi yang dituding terlibat dalam permasalahan daftar pemilih tetap (DPT) ganda yang menguntungkan Partai Demokrat. Ia menilai, urgensi agar tak terjadi kecurangan seperti penggelembungan 18 juta suara untuk partai tertentu tak seharusnya dilakukan dengan menempatkan kader parpol di KPU.

Redaktur: taufik rachman

Reporter: C13

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: