• Selayang Pandang

  • Arsip

  • September 2010
    S S R K J S M
    « Agu   Okt »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    27282930  
  • Tertinggi

    • Tak ada

Bintek Pemilukada : Banyak petugas Linmas yang Tua


Rabu, 22 September 2010. Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan suara Pemilukada Pemalang putaran dua jatuh di Pendopo kecamatan Moga dan Warungpring. Hadir pemateri di kecamatan Moga adalah Zubaedah ,S.Sos dan Safrudin HS,S.IP dan untuk kecamatan Warungpring adalah Abdul Hakim ,S.HI dan Dewi W.

Acara bintek dihadiri oleh ketua PPK, anggota PPK,  ketua PPS dan anggota PPS se kecamatan.

Pada sesi pertama Bintek yang diisi oleh Zubaedah, yang membawakan materi tentang panduan KPPS pada pemungutan dan penghitungan suara di TPS, muncul banyak pertanyaan dan keluhan tentang: pertama , ketersediaan linmas yang berusia lanjut/ tua dan belum berpengalaman dalam penulisan berita acara hasil pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Kedua, tentang kepastian penegakan aturan tentang Saksi yang terkait dengan keterlambatan saksi menyerahkan surat mandat dan hak saksi untuk mendapatkan formulir model C1.

Oleh Zubaedah, anggota KPUD divisi Pemungutan dan penghitungan suara, dimintakan kepada PPS untuk mengkomunikasikan dengan para Kepala Desa agar petugas yang akan direkrut oleh PPS dari unsur Linmas adalah yang muda , mampu menulis , membaca dengan baik dan benar, dan bila perlu pernah berpengalaman menjadi anggota KPPS.

Zubaedah sudah memastikan bahwa KPUD sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Kantor Kesbangpollinmas Pemalang dan meminta untuk disediakan petugas Linmas untuk TPS yang memenuhi kualifikasi yang muda, mampu menulis dan membaca Bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta bila mungkin berpengalaman dalam kegiatan KPPS. Petugas Linmas akan menempati posisi sebagai anggota KPPS nomor 4 dan KPPS nomor 7 di dekat pintu masuk dan pintu7 keluar.

Selanjutnya pada sesi kedua, Safrudin HS meminta PPS untuk memastikan tugas, wewenang dan kewajibannya selama pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Beberapa evaluasi juga disampaikan antara lain :

  1. Kesiapan PPS untuk melakukan Bintek ulang kepada semua anggota KPPS;
  2. Kesiapan PPS untuk melakukan monitoring pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS yang menjadi wilayahnya.
  3. Menghindari kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi pada pelaksanaan pileg dan pilpres tahun 2009 seperti KPPS tidak memberikan C1 kepada saksi karena saksi pulang duluan, membiarkan saksi tanpa surat mandat masuk dalam TPS, tidak segera menarik formulir C6 yang ganda dllnya.

Acara bintek yang dimulai pukul 10.15 WIB diakhiri tepat pada pukul 12.20 WIB. (SAF)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: