Sukses Pemilukada, Sukses Pembangunan Daerah


Sukses Pemilukada, Sukses Pembangunan Daerah

Selasa, 20 Juli 2010, LSM Jalanmata bekerjasama dengan Dirjend Kesbanpol  Kemendagri mengadakan sosialisasi pemilukada di pendopo KPUD Pemalang. Lebih 100 undangan hadir dari ormas/LSM, parpol, pelajar dan mahasiswa, ketua PPK,Tokoh masyarakat dan tokoh agama , dan para  balon Bupati dan Wakil Bupati  Pemalang.

Acara sosialisasi pemilukada  mengambil  tema “Sukses Pemilukada, Sukses Pembangunan Daerah” dengan pembicara oleh Ida Budhiarti,SH,MH (Ketua KPU Jawa Tengah), Hasyim Asy’ari, SH, M.Si (Dosen Fakultas hukum Undip Semarang dan mantan anggota KPU Jawa Tengah), dan Wahid Abdulrahman, S.IP (sekretaris Jalanmata) dengan moderator Drs. Herbasuki Nurcahyo,MTP (Dosen Fisip Undip Semarang).

Sebelum acara dimulai Ketua KPUD Pemalang  HM.Arief Efendi,S.Sos memberikan sambutan dan mengajak para peserta untuk memastikan sudah terdaftar dalam daftar pemilih untuk pemilukada Pemalang 2010. Sambutan dari LSM Jalanmata yang sedianya akan disampaikan Prof.Dr.Nurdien H.Kistanto, MA diwakilkan Dr. Ari Pradhanawati, M.Si.

Pembicara pertama  saudara Ida Budhiarti, memaparkan  tema “ Penyelenggaraan Pemilukada Demokratis menuju Pemerintahan Akuntabel”. Ada tiga hal penting yang disampaikan yaitu

  1. Kebijakan desentralisasi memberikan kekuasaan yang lebih besar kepada Pemerintah daerah dalam merencanakan dan mengelola pembangunan di daerahnya. Sejalan dengan hal tersebut , dilakukan upaya-upaya meningkatkan partisipasi masyarakat untuk terlibat secara langsung dalam melahirkan pemerintahan yaitu melalui Pemilihan KDH secara langsung.
  2. Keunggulan Pemilukada secara langsung : 1) Memberikan ruang kepada masyarakat untuk menentukan calon pemimpin yang mempunyai kapasitas, integritas dan komitmen yang kuat. 2) mendorong terjadinya kontrak sosial antara pasangan calon KDH untuk mewujudkan akuntabilitas pemerintahan. 3) Melibatkan partisipasi masyarakat melakukan kontrol terhadap efektivitas pemerintahan untuk mendistribusikan kesejahteraan.
  3. Pemilukada yang Demokratis : mensyaratkan : 1) KepaSTIAN Hukum, 2) kepastian Anggaran, 3)  Penyelenggara pemilu yang independen dan Profesional, 4)  Partisipasi pemilih yang rasional, 5)  Pengawasan, 6) Penegakan hukum.

Pembicara kedua,  memaparkan tema “Dinamika Politik Lokal Pilkada Pemalang 2010”. Menurut saudara Hasyim Asy ‘ari ada beberapa masalah dalam pemilukada yaitu:

  1. Pemilih : a), pemilih jenuh dengan pemilihan, sehingga tingkat partisipasi terus menurun. b) Masyarakat terfragmentasi terus menerus.
  2. Partai politik : a) secara internal, partai politik sibuk meredakan konflik internal sebagai dampak dari pencalonan yang terus menerus. b) secara eksternal, partai politik sibuk negosiasi dan bertransaksi politik.
  3. Penyelenggara: a) Penyelenggara kesulitan menyusun perencanaan dan anggaran karena jadwalnya tidak selalu pas dengan agenda penyusunan. B) Penyelenggara tidak terkontrol, karena pilkada adalah semata-mata urusan daerah atau KPUD yang bersangkutan; akibatnya pelanggaran peraturan pilkada nyaris tak terkendali.

Pembicara ketiga, saudara Wahid Abdulrahman menyoroti  tentang kondisi  yang terjadi di Pemalang, sebagaimana dicontohkan adalah besarnya anggaran rutin belanja untuk pegawai dibandingkan dengan biaya pembangunan seperti  jalan, kesehatan ,pendidikan dan lainnya.

Pada sesi tanya jawab, ada 8 pertanyaan / tanggapan , dan setelah acara selesai beberapa peserta masih mengajukan kembali beberapa pertanyaan. Acara selesai pukul 13.00 WIb .(SAF).

5 Tanggapan

  1. menciptakan suksesnya pemilu mungkin mudah, tetapi yang tersulit adalah bagaimana pemilukada ini berjalan dengan bersih, jujur dan bermartabat. menjadi penting jika penyelenggara Pemilukada melakukan Voter educati untuk pemilih pemula. artinya KPU Kooperatip mendekati pelajar dan sekaligus memilih duta pelajar untuk turut serta dalam suksesi Pemilukada. ya ora kang mas hakim?

  2. Urun rumbug……

    saya sepakat dengan mas falah…
    tentunya dengan catatan bahwa, semua calon Bupati dan wakilnya bermain fair, bersih, dan tetap mengedepankan kesantunan politik lokal. bila perlu, gunakan politik terbuka, agar masyarakat semakin memahami dinamika politik secara lebih luas dan terukur sehingga tercapai maksud tujuan pemilukada yang damai dan bermartabat. saatnya jadikan pemalang contoh baik perpolitikan nasional……. sukses

  3. Ass. Sukses untuk KPUD Pml yg telah selesai melaksanakan sosialisasi tersebut. Dari simpulan 3 pembicara tidak menyinggung kriteria atau tinjauan umum tentang Sukses Pemilukada .
    Menurut pendapat saya Pemilukada dikatakan sukses jika :
    1. Pemilikada dilaksanakan dengan aman dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Tingkat Partisipasi masyarakat pemilih lebih tinggi dari pemilu pemilu sebelumnya baik pilpres, pileg maupun pilgub serta pilbup sebelumnya.
    3. Menghasilkan pemimpin yang memperoleh dukungan suara mayoritas dan atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku yakni 50% + 1 jumlah pemilih di kabupaten pemalang ( bukan 50%+ 1 jumlah suara ). Hal ini perlu difikirkan oleh penyelenggara pemilukada pada tahun mendatang (jika sekarang belum ) untuk mengetahui TINGKAT PARTISIPASI MURNI PEMILIH terhadap penyelenggaraan pemilukada.

    Akankah pe3milukada di kabupaten ini dapat meraih TIGA SUKSES tersebut ? Coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang ….

    SUKSES PENYELENGGARAAN PEMILU, SUKSES PARTISIPASI DAN SUKSES HASIL… Semoga

    • Betul mas. kadang para pakar kalau punya ide tanpa mengakar artinya tidak ada solusi bagaimana pencapaian pembangunan yang sukses. Setuju ide jenengan dan mari kita berpartisipasi dengan mengedepankan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. (SAF0

  4. Pembicara kedua, memaparkan tema “Dinamika Politik Lokal Pilkada Pemalang 2010”. Menurut saudara Hasyim Asy ‘ari ada beberapa masalah dalam pemilukada yaitu:

    Pemilih : a), pemilih jenuh dengan pemilihan, sehingga tingkat partisipasi terus menurun. b) Masyarakat terfragmentasi terus menerus.

    Oleh karena itu disebut Negeri Pesta Rakyat.
    sekengkapnya di http://grombyangpemalang.blogspot.com/2010/05/negeri-pesta-rakyat.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: