• Selayang Pandang

  • Arsip

  • Juni 2010
    S S R K J S M
    « Mei   Jul »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Tertinggi

    • Tak ada

Pemutakhiran Data Pemilih Pemilukada


Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih Pemilukada Pemalang 2010

Oleh Safrudin HS, S.IP

KPU Pemalang dalam rangka  mencermatimati  DP 4 yang jumlahnya sangat berbeda dengan DPT Pilpres 2009 mengambil langkah  cerdas dengan melakukan bimbingan teknis pemutakhiran data pemilih untuk anggota PPK, PPS dan PPDP (petugas pemutakhiran data pemilih). Bimbingan teknis ini dilaksanakan mul;ai tanggal 5 Mei  dan berakhir  tanggal 3 Juni. Semua anggota PPK, anggota PPS dan PPDP ikut serta dalam  kegiatan pemutakhiran data pemilih. Bimbingan teknis pemutakhiran data pemilih dibagi dua yaitu pertama kegiatan ceramah dilanjutkan dengan dialog interaktif, kedua bimbingan teknis/pelatihan dengan aplikasi system computer bagi anggota PPK dan PPS.

Dialog interaktif

Dengan metode dialog interaktif , diharapkan bimbingan teknis ini mampu menggali berbagai permasalahan yang mungkin muncul dilapangan. Dalam bintek ini KPU kabupaten membagikan buku panduan dan administrasi pencoklitan yaitu formulir yang dibagikan untuk  Keluarga yang memiliki hak pilih. Kegiatan PPDP dalam pencoklitan dilakukan dengan mendatangi rumah-kerumah dengan memberikan formulir A.3.1  (semacam kitir) dan memberikan tanda centang dalam buku daftar pemilih.

Selama kegiatan bintek berlangsung berbagai pertanyaan muncul antara lain :

  1. Keluarga  asli setempat  yang sudah lama bermukim tetapi tidak memiliki KTP/KK;
  2. Keluarga  pendatang yang sudah lama bermukim tetapi tidak memiliki KK/KTP;
  3. Keluarga dan / anak hasil pernikahan siri;
  4. Keluarga yang sudah lama merantau;
  5. Keluarga yang mukim belum 6 bulan sudah memilik KK/KTP;
  6. Keluarga yang masuk dalam DPT Pilpres tetapi tidak masuk dalam Daftar pemilih untuk coklit;
  7. Nama pemilih yang tidak masuk DPS, DPS HP dan DPT Pemilukada, tetapi ada dalam DPT Pilpres;
  8. Pemilih yang tidak mau didaftar ;
  9. Ketentuan pecoklitan untuk rumah panti  jompu atau kebutuhan khusus .

Pertanyaan tersebut diatas oleh KPU Kabupaten telah dijelaskan dan diberikan solusi dengan cerdas, sehingga  mulai tanggal 3 Juli 2010 PPDP mulai bertugas untuk cpklit data pemilih dengan pengetahuan yang memadai.

Komputerisasi data pemilih

Disamping kegiatan bintek dengan tatap muka dan dialog interaktif, KPU Pemalang memberikan bimbingan teknis /pelatihan computer kepada  2 (dua) anggota PPK yang menguasai computer dan salah satu anggota PPS yang menguasai computer. Kegiatan ini dimaksudkan untuk penyeragaman aplikasi yang telah disiapkan oleh ahli IT KPU kabupaten. KPU berharap bahwa  penulisan/entri data data pemilih menggunakan  program excel yang sudah diformat  sesuai kebutuhan  pembuatan DPS, DPS HP dan DPT.

Pelatihan komputerisasi untuk anggota PPK dan PPS selama ini berjalan lancar dan insyaallah  hasil Pemutakhiran data pemilih pemilukada Pemalang 2010 adalah VALID/akurat.

Selam tahapan pemutakhiran data pemilih berlangsung KPU kabupaten Pemalang juga melakukan sosialisasi melalui spot iklan di Radio Pemerintahn dan Radio swasta,  Pemasangan spanduk dengan judul “Monggo sami Daftar” dan Pastikan Anda Terdaftar”, juga  melakukan penyebaran/penempelan poster  dengan judul  “Ayo Nyoblos Maning “ dan “Pastikan Anda Terdaftar” di tempat-tempat strategis. Dengan penempelan poster ini, diharapkan masyarakat yang memiliki hak pilih untuk pro aktif melihat pengumuman DPS  yang ditempel di Kantor desa/kelurahan tanggal 3 – 23 Juni 2010.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selamat berpemilukada Pemalang. Ayo nyoblos Maning … !  Minggu, 31 Oktober 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: