• Selayang Pandang

  • Arsip

  • April 2010
    S S R K J S M
    « Mar   Mei »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  
  • Tertinggi

    • Tak ada

Pelatihan Sosialisasi Pemilukada Pemalang untuk Petani


Pelatihan Sosialisasi Pemilukada Pemalang untuk Petani

Safrudin Hadi Saputro, S.IP*

Dalam rangka untuk sosialisasi dan penyebaran informasi pemilu yang lebih luas dan merata, KPUD Pemalang mengadakan TOT bagi para petani. Kelompok sasaran sosialisasi ini merupakan kelompok terbesar yang ada di Kabupaten Pemalang. Kelompok petani yang menjadi peserta TOT diambil dari perwakilan kecamatan, dengan harapan agar bisa menularkan pemahaman dan pengetahuan tentang tahapan pemilukada dengan baik, dimasing-masing kecaman yang diwakili.

Permasalahan sosialisasi

Ada beberapa permasalahan pelaksanaan sosialisasi dilapangan antara lain ;

Pertama, SDM penyelenggara yang memiliki kemampuan yang berbeda, sehingga ini berdampak pada penyampaian informasi yang tidak akurat dan tepat, bahkan menimbulkan ketidaktahuan dan kebingungan.

Kedua,Luasnya/banyaknya kelompok sasaran yang menjadi target. Hal ini mendasari pada peraturan KPU nomor 65/2009 dan luasnya geografis ditambahnya besarnya pemilih pemilukada kurang lebih  1.080.000 pemilih.

Solusi dan sikap KPUD

KPUD dalam hal ini mengambil langkah-langkah stategis untuk tersebarnya informasi pemilukada antara lain :

Pertama, mengadakan bimbingan teknis sosialisasi dan penyebaran informasi kepada PPK dan PPS.

Kedua, bekerja sama dengan LSM/ormas .

Ketiga mengadakan TOT.

Keempat, penyebaran informasi dengan penyiaran materi pemilukada lewat Radio Pemda secara intens.

Kelima membuka Blog pada internet.

Keenam. Memproduksi materi sosialisasi yang dapat menjangkau masyarakat luas seperti, baliho, spanduk, leaflet, poster, stiker dll.

Khusus Pemilih Petani yang jumlahnya cukup banyak, KPUD perlu SDM khusus yang mampu menterjemahkan dengan yang santun dan mudah dipahami untuk petani, sehingga TOT merupakan salah satu pendekatan yang dicoba untuk diterapkan. Harapan ini tidaklah berlebihan, namun KPUD menginginkan adanya peningkatan kualitas partisiasi pemilih petani, dimana kehadirannya di TPS memiliki nilai lebih untuk kemajuan daerahnya.

Pelatihan TOT diadakan oleh KPU dalam dua tahap, yaitu pada tahap pertama didahului dengan FGD pada hari Rabu, 14 April 2010 yaitu pembuatan modul Pendidikan Politik bagi Petani dengan melibatkan aktivis LSM dan Kelompok Tani dan selanjutnya tahap kedua TOT yang diadakan hari Sabtu, 17 April 2010, di pendopo KPUD Pemalang.

semoga pemilih Petani mampu berpartisipasi dengan cerdas dan menentukan pilihan pemimpin yang tepat  dan berkualitas.(agh)

2 Tanggapan

  1. KEGIATAN sosialisasi Pemilukada oleh KPUD Pemalang antara lain melalui berbagai media,menyelenggarakan TOT, pemasangan pamflet dll sudah cukup baik , namun saya berkeyakinan akan lebih baik jika sosialisasi tersebut dilakukan oleh tangan panjang KPUD sendiri baik PPK. PPS dan sudah barang tentu Camat serta Kepala Desa/Lurah.
    Hal ini atas dasar asumsi bahwa :
    1. Mereka adalah orang2 yang “tan keno ora” / kudu NETRAL.
    2. Merekalh yang mempounyai/ dan harus menguasai wilayahnya.
    3. Merekalah yang berhadapan langsung kepada rakyat sebagai pemilih di wilayahnya.
    4. Mereka mau tudak mau harus mau menguasai materi pemilukada ini.
    Saya yakin jika mereka ‘DIGERAKKAN” , sukses pemilukada sudah ada ditangan KPUD. Tidak percaya ?? BUKTIKAN.!!!

    • Kami KPUD berterima kasih, tugas KPU beserta PPK, PPS, KPPS dan PPDP salah satunya adalah melakukan sosialisasi sesuai tahapan. disamping itu kami juga mengajak kepada pemangku kepentingan Pemilukada untuk turut serta melakukan sosialisasi dan penyebaran informasi tentang tahapan Pemilukada. Kami mohon partisipasi masyarakat untuk turut serta mensukseskan Pemilukada baik sebagai pemilih maupun sebagai pelaku sosialisasi. Kami terbuka untuk masyarakat yang mau ikut serta menjalankan sosialisasi dan penyebaran informasi tahapan Pemilukada. bagi peserta TOT kami harapkan bisa bekerjasama dalam sosialisasi dan penyebaran informasi. dalam minggu ini awal Bulan Juni, kami menyebarkan / menempelkan poster dengan judul Pastikan Anda Terdaftar (tentang pemutakhiran data pemilih) dan Ayo Nyoblos Maning (tantang tahapan Pemilukada), disamping itu pemberian leaflet untuk pegangan sosialisasi terdiri dari 5 jenis, yaitu
      – panduan pencalonan;
      – panduan kampanye;
      – panduanpemilih;
      – panduan pemutakhiran daftar pemilih;
      – dan tahapan pemilukada.
      apabila anda ingin memiliki leaflet, bisa menghubungi KPU Kab. Pemalang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: